Jumat, 01 Maret 2019

Proses Eklaim BPJS Ketenagakerjaan 2019

Hai Guysss....!!!

Kali ini saya ingin membagi pengalaman mengajukan klaim bpjs ketenagakerjaan( tapi bukan punya saya ) Ini klaim punya someone yang sibuk banget (katanya sih ).

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan dokumen,
Dokumen yang kalian harus siapkan adalah :

1. Kartu Peserta
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Kartu Keluarga
4. Surat Keterangan berhenti kerja.
5. Buku Tabungan

Note : Masing masing di fotocopy 1 lembar. Dan pada saat klaim harus membawa yang asli.

Setelah semua dokumen disiapkan, selanjutnya mari klaim online di web bpjs ketenagakerjaan.
/ https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Login jika sudah memiliki akun, atau Klik daftar pengguna.


Pertama kali saya mengajukan klaim secara online yang saya tujukan ke Cab. Kebon Sirih pada hari sabtu, ternyata eklaim tidak boleh dilakukan di luar hari kerja. Dan saya pun mendapatkan email begini gaess..!!



oke... baru percobaan....
Lalu hari senin saya coba mengajukan klaim lagi, (step-stepnya lupa print screen) pengajuan nya kalian tinggal ikuti langkah di web bpjs nya sih. Pertama masukkan nomor KPJ kemudian Pilih Keperluan > Jenis Pengajuan Klaim kemudian upload dokumen. Oh iya dokumen nya harus berformat .JPG .

Setelah selesai upload dokumen, Simpan. dan selesai..
Setelah itu tunggu konfirmasi dari bpjs , ini memakan waktu kurang lebih 2 x 24 jam. Dan ternyata klaim saya tidak berhasil lagi gaess.
saya disuruh datang tanggal 6 Maret dan itu pun belum tentu klaim saya diproses atau tidak. Dan akhir nya saya dilema. Kok ribet sih???  Nungguin tanggal 6 dan belum tentu mendapatkan hasil ?? saya tidak sesabar itu. wkwkkwk
Sehari setelah mendapat email itu, saya mendatangi salah satu kantor cabang bpjs ketenagakerjaan, yaitu Cab. Batu Ceper, Tangerang, dan saya di tolak. katanya harus online dulu. Omegaddd...!! Udah mulai males nih. Tapi harus tetep semangat.!
Akhirnya besok nya saya klaim lagi online ke cab. Batu Ceper . Setelah menunggu selama kurleb 2 hari.dan hasilnyaaaa....

Klaim di proses dan disuruh datang tanggal 27 Februari. oh iya, jangan lupa print Formulir yang sudah di email.
Setelah proses klaim berhasil, masalah baru muncul . : AMBIL ANTRIAN ONLINE. karna sekarang antrian juga sudah online. kalian bisa liat di : https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/
ternyata untuk ambil antrian online susah guys. udah coba dari pagi tapi nggak dapet nomor antrian. katanya sudah penuh. lalu saya ingat pesan Satpam BPJS yang kita datangi di cab Batu ceper. katanya kalau mau ambil antrian online, sebaiknya di pergantian hari ; yaitu jam 00.01. dan saat itu saya pasang alarm jam 00.00 cuma buat ambil antrian online. dan itu juga masih susah.
kira-kira begini nih 

Setelah mengisi formulir pendaftaran, dan muncul lah begini.


coba lagi coba terus. dan akhirnya berhasil


Jreng... jrenggg.... S E L E S A I..... 
akhirnya dapat antrian juga.
Tinggal nunggu tanggal dan berangkat.

Tanggal  27 - 02 -2019 yang punya KPJ pun berangkat klaim . Oh iya, untuk klaim tidak dapat diwakilkan ya. Saya hanya membantu proses online nya saja. 
Proses klaim di Kantor nya juga sebentar.  Kita cukup datang, periksa dokumen, dan kita bakal di kasih antrian untuk ke CS nya. Nunggu nya juga ga lama, proses di CS nya paling 10 Menit. 
dan Selesaii.... tinggal nunggu pencairan 5- 7 hari kerja..

Oke guys,, begitu kira-kira proses klaim BPJS. Semoga Bermanfaat ya..




2 komentar:

  1. gan barusan tanggal 05 maret 2019, ane udah e klaim,, terus dapet email balesan nya, malah disuruh datang tanggal 16 mei 2019.. laah kan padahal kan udah ga aktif,, masa harus nunggu sekitar 2 bulan lebih.. itu apakah ada miss atau gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba eklaim ke cabang lain gan,saya juga seperti itu. pas nyoba ke cabang lain, dapet email balesan langsung di suruh datang dalam 7 hari sejak klaim.

      Hapus